UAS Angkatan 3 dan 4

Ikhwah sekalian, Waktu terus berputar dan tidak akan pernah berhenti atau mundur kebelakang. zaman menantikan para pemimpin, pejuang dan generasi tangguh untuk mengharumkannya.

Rasulullullah bersabda:

خَيْرُ أُمَّتِي قَرْنِي ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ قَالَ عِمْرَانُ فَلَا أَدْرِي أَذَكَرَ بَعْدَ قَرْنِهِ قَرْنَيْنِ أَوْ ثَلَاثًا ثُمَّ إِنَّ بَعْدَكُمْ قَوْمًا يَشْهَدُونَ وَلَا يُسْتَشْهَدُونَ وَيَخُونُونَ وَلَا يُؤْتَمَنُونَ وَيَنْذُرُونَ وَلَا يَفُونَ وَيَظْهَرُ فِيهِمْ السِّمَنُ (البخارى : 3377)

Zaman terbaik adalah zaman Rasulullah dan para sahabat, begitu pula generasinya. akan tetapi, kita percaya bahwa setiap zaman memiliki  keunggulan masing-masing dan setiap zaman memiliki  pribadi-pribadi yang unggul.

Maka, untuk melahirkan pribadi yang memiliki keunggulan diperlukan seleksi ketat, UAS (ujian akhir Semester) adalah salah satunya (bukan seleksi alam seperti Darwinisme lho..)  Ujian bukan untuk mengeliminir si A atau si B yang lemah secara IQ. Ujian justru untuk memacu dan memicu adrenalin agar memiliki semangat kompetisi (fastabiqul-khairat). Ujian adalah motivator untuk ikhwah yang berkata “La Astathi'” menjadi “Istatho’tu”.

UAS akan menentukan perjuangan selama satu semester. Itu berarti, nilai untuk IP sedang dibangun. Bila  IP jongkok (naudzubillah) minimal mesti ngulam al-mawad al-mahmulah, bahkan mungkin mesti istirahat selama satu smester jika rusub-nya melebihi enam madah.

‘Ala kulli hal, kerja keras, ketekunan dan do’a adalah kunci utama. Secerdas apapun ikhwah, bila hanya meng-SKS (Sistem Kebut Semalam) materi yang akan diujikan, tentu akan kewalahan. Man ‘Arafa bu’das-safari ista’adda. Allah berfirman:

وَقُلِ اعْمَلُوا فَسَيَرَى اللَّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُ وَالْمُؤْمِنُونَ وَسَتُرَدُّونَ إِلَى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

“Dan Katakanlah: “Bekerjalah kamu, Maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.” (At-Taubah: 105)

Hammuna mengucapkan :

Selamat mengikuti UAS untuk ikhwah angkatan 3 dan 4 Ma’had An-Nu’aimy


Ditulis dalam Uncategorized. 1 Comment »

Satu Tanggapan to “UAS Angkatan 3 dan 4”

  1. Masdar Helmi Says:

    Assalamu ‘laikum Wr. Wb. Masih kental dalam ingatan saya studium-studium yang disampaikan para Asatidz ketika di Jakarta dulu. Bak air yang mengguyur tanah keras nan gersang. Mampu melunakkan hati kami. Memfornat worldview kami. Mengarahkan cara pandang kami ke arah yang lebih baik. Mencerahkan kebekuan intelektual kami yang dulu parsial.

    Terimakasih atas motivatisintya. Taujih ini bermanfaat bukan saja buat Ikhwah yang masih kuliah di Nuaimy. Tapi, juga buat kami semua yang kuliah di Universitas lainnya. Semoga muwajjih/ Penulis mendapat pahala dari Allah Swt. Karena artikel ini dikunjungi dan diakses oleh ribuan mahasiswa di seluruh penjuru dunia. Wassalam.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: