Ma’had An-Nu’aimy di Majalah Dzikir.com

Ma’had Aly An-Nu’aimy Jakarta   |   Cetak Dai Profesional

Lembaga ini didirikan September 2005 dengan tujuan menyiapkan calon-calon dai.

SEBAGAIMANA lembaga-lembaga Islam lainnya yang ingin menciptakan generasi bermanfaat bagi masyarakat, maka Ma’had Aly An-Nu’aimy Jakarta juga demikian. Lembaga ini didirikan September 2005 dengan tujuan menyiapkan calon-calon dai. Menurut Direktur Ma’had Aly An-nu’aimy Jakarta, H Bakrun Syafi’i, MA, lembaganya dibangun  untuk mencetak para dai yang mampu mengidentifikasi problematika umat, memersiapkan kader dakwah yang gigih beramal, dan memiliki perhatian penuh terhadap upaya perbaikan umat. Selain itu, lembaga ini didirikan karena minimnya kader yang memiliki kapasitas syari khususnya di daerah-daerah terpencil.  Katanya, di luar Jawa, kekurangan ustadz dan dai cukup terasa. Bahkan, karena kekurangan itulah, orang yang kapasitasnya dari jurusan umum atau dari fakultas umum diposisikan sebagai ustadz. Mereka belajar dari terjemahan-terjemahan dan langsung menjadi seorang ustadz.
“Ma’had Aly An-Nu’aimy dibangun untuk mengemban dan mengajarkan Islam dengan pemahaman yang benar dan universal, sehingga mereka mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Diungkapkan, para dai yang diinginkan dari Ma’had ini bukan hanya kemampuan ceramah tetapi dai dalam pemahaman yang utuh. “Dai yang kita inginkan adalah yang memiliki pribadi yang lurus, yang Islami dan memiliki pemahaman yang komprehensif terhadap Islam,” urainya. Selain itu, bisa berbahasa Arab aktif dan hafal Al Quran dengan memadai.

Hal lain, lembaganya juga menginginkan calon-calon dai yang siap membina masyarakat dan memiliki semangat untuk membina orang. “Banyak sekali orang yang memiliki kemampuan, tetapi tidak memiliki semangat untuk memberikan kontribusi pada perbaikan lingkungan masyarakatnya,”  imbuhnya.

Biaya Kuliah Gratis   MA’HAD  Aly An-Nu’aimy Jakarta mengajarkan kepada mahasiswanya berbagai disiplin ilmu, mulai dari fiqh, aqidah, dakwah, bahkan juga bagaimana teori-teori dakwah yang indah. “Kita juga memiliki badan eksekutif mahasiswa dan diajarkan bagaimana berorganisasi serta bagaimana membina masyarakat,” paparnya.

Sebab itulah, para mahasiswa turun dengan  membina masyarakat di sekitar kampus seperti mushola-mushola, masjid-masjid. “Setiap bulan ramadhan banyak permintaan untuk menjadi imam qiyamul lail juga ceramah-ceramah,” imbuhnya.

Mahad didirikan di atas tanah wakaf dari seorang dermawan yaitu ibu Faisya Hara. Kemudian dibangun oleh sumbangan dari berbagai macam sumber. Yang paling besar sumbangannya dari keluarga besar An-Nu’aimy di Qatar. Kemudian operasionalnya dari sumbangan-sumbangan. “Lembaga ini menggratiskan biaya kuliah,  juga makan gratis dan asramanya juga gratis,” jelas  H Bakrun Syafi’i, MA.

Ditandaskan, mahasiswanya sengaja diasramakan, dengan tujuan agar  pembinaan pribadinya lebih intens. “Kalau tidak diasramakan,  di dalam kita mengajarkan begini di luar bisa begitu,  jadi agak lama terbentuknya,” ujarnya.

Dari segi status,  Ma’had, sudah terdaftar di Departemen Agama dan rencananya Ma’had akan didaftarkan sebagai Ma’had Aly yang formal. Sayangnya,  sampai saat ini Departemen Agama belum memiliki sistem aturan Ma’had Aly yang baku.

Kemudian, yang menjadi kendala Ma’had Aly saat ini adalah asrama terlalu sempit. Gedung Ma’had Aly cuma memuat 140 mahasiswa,  sementara keinginan masyarakat untuk bergabung di Ma’had ini sangat besar. Tiga tahun yang lalu, dari pendaftar sebanyak 360 orang, hanya menerima 60 sampai 70 orang saja.
“Perkuliahan di sini dua tahun, tahun ketiga kita dikirim ke daerah-daerah,” imbuhnya. Ma’had bekerjasama dengan Ikatan Dakwah Indonesia (IKADI) dan untuk tahun ini, ada yang diminta ke Papua sebanyak 8 orang, kemudian ke Maluku 4 orang, ke Aceh 11 dan lain-lain.

Sampai saat ini respon masyarakat sekitar terhadap keberaan Ma’had Aly cukup bagus. Karena mahasiswa juga ikut merawat lingkungan,  membina masyarakat dan TPA-TPA di sekitar kampus.

Visi dari Ma’had Aly adalah menjadi percontohan (the best typical and prototype) dalam melaksanakan program pengajaran dan pembinaan bagi lembaga pendidikan lain yang serupa di Indonesia  Sedangkan misi Ma’had adalah menyiapkan ulama dan da’i yang gigih beramal, cerdas serta memiliki kepekaan sosial yang tinggi. Ini  sebagai kontribusi aktif dalam meningkatkan kecerdasan ruhiyah dan peradaban bangsa. agus syaifulloh

Sumber: http://www.majalahdzikir.com/index.php?option=com_content&task=view&id=854&Itemid=84

7 Tanggapan to “Ma’had An-Nu’aimy di Majalah Dzikir.com”

  1. suparyono Says:

    semoga semakin maju dan bermanfaat bagi umat. amin

  2. abdurrahman Says:

    assalamualaikum
    HAMMUNA menyeru kepada antum semua untuk memanjatkan doa untuk kesembuhan saudara tercinta al akh al fadhil FITRIYADIN…

    beliau terbaring sakit di rumah sakit HASAN SADIKIN bandung. .
    beliau mengalami gagal ginjal di kedua ginjalnya…

    HAMMUNA MEMANGGIL DAN MENYERU…
    untuk kesembuhan saudara kita yang amat kita cintai ini… yang telah berjuang berdakwah di jalan ALLAH SWT TANPA BERHARAP IMBALAN DAN PUJIAN… TANPA KENAL LELAH dan rasa SAKIT…

    MARILAH… kita bantu dana untuk kesembuhan saudara kita tercinta ini…
    agar ia bisa kembali dalam barisan ini,,, bersama kita,,, berjuang di jalan ALlah SWT… berdakwah tak kenal lelah

    dengan penuh harap kepada antum semua…

    sungguh ini dalam rangka cinta kita pada akh fitriyadin… kepada orang yang berjuang di jalan Allah SWT…

    HAMMUNA MENYERU… HAMMUNA MEMANGGIL…

    wassalamualaikum

    • Mafruhi UBA Says:

      Ane merasa sedih dan prihatin atas cobaan yang dialami oleh teman kita AKH FITRIADIN Allahu Yasfih Aamiin, semoga penyakitnya segera diangkat oleh Allah Asyafi dan diampuni segala do’anya, begitu juga dengan teman-teman akh Fitriadin yang pernah bersama di Ma’had Utsman Bin Affan Jakarta dan Ma’had Aly An-Nu’aimy serta ikhwan dan akhowat yang mengenal baik akhlaknya pasti akan merasakan hal yang sama dengan apa yang sedang dialami akh Fitriadin.
      Disamping itu
      MARILAHLAH… kita bantu dana untuk kesembuhan saudara kita tercinta ini…
      agar ia bisa kembali dalam barisan ini,,, bersama kita,,, berjuang di jalan ALlah SWT… berdakwah tak kenal lelah.
      Semoga Allah Membalas dengn ganjaran yang berlipat ganda.

      • HAMMUNA Says:

        semoga do’a kita diijabah. kami hammuna berusaha mnggalang dana dari semua ikhwah.
        Allahu yubarik fiik wayasyfiih. salam nuat ikhwah di Utsman

    • HAMMUNA Says:

      Jazakallah kunjunganya ketua. mudah-mudahan mengembalikan semangat admin untuk kembali mengupdate blog ini

  3. sholihulmttaqin Says:

    maju terus ma’hadku, masyarakat sellalu menantimu………..keep spirit


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: